Apa itu Google Webmaster ? Arti dan Kegunaan Google Search Console

Google Webmaster atau Google Search Console sebuah aplikasi dari google untuk megetahui performa blog atau website dan meningkatkan SEO.

Dengan mendaftarkan website ke Google Webmaster blog akan bisa otomatis terindeks di pencarian google.

Apa itu Google Webmaster ?

Apa itu Google Webmaster ? Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmasters) merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Pada tanggal 20 Mei 2015, Google mengubah nama “Google Webmasters” menjadi “Google Search Console”. Pada bulan Januari 2018, Google meluncurkan versi baru dari Google Search Console dengan antarmuka dan fitur yang lebih lengkap dari versi lama.

Apa Manfaat dari Webmaster?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi Webmaster ini, Misalnya :

1. Google Webmaster Meningkatkan Page Rank

Webmaster Tools dapat mendeteksi dan membantu kalian dalam upaya meningkatan page rank blog atau website di mesin pencari. Contoh upaya yang bisa kita lakukan dengan melalui penyempurnaan HTML. Penyempurnaan HTML yang GG Tutor maksudkan disini adalah, dengan cara mendeteksi dan menghapus semua link yang bersifat racun semacam broken link. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan cara menghapus semua konten yang ganda, duplikat meta deskripsi dan memperbaiki bila judul atau heading tag yang belum ada.

2. Google Webmaster dapat memberikan Data Ativitas secara Akurat

Melalui Webmaster Tools, kalian dapat melihat berbagai grafik seperti kesalahan crawl, server dan URL. Bukan hanya itu, kalian pun juga bisa mengetahui URL mana saja yang dicekal, “biasanya disebabkan oleh kesalahan pengaturan di blog atau website”,serta mengetahui jumlah URL mana saja yang terindex oleh mesin pencari, berapa banyak keyword yang dipakai oleh pengunjung untuk mencari blog atau website kalian pun akan terlihat disana.

3. Google Webmaster dapat Mengevaluasi Kinerja

Ada satu fitur di Webmaster Tools yang mampu memperlihatkan pada kita, seberapa cepat loading page suatu blog atau website ketika diakses oleh pengunjung. Ini bisa kalian manfaatkan untuk perbandingan kecepatan dengan blog atau website milik orang lain yaa sobat, dan data tersebut ditunjukkan dari history graphic. Jadi, beban dan kecepatan loading page dari blog atau website, bisa kita ketahui secara akurat. Hal ini tentunya sangat bermanfaat mengingat mesin pencari juga menjadikan seberapa cepatnya loading page suatu blog atau website sebagai faktor penentu rank di hasil pencariannya.

4. Google Webmaster dapat Mendeteksi Virus Malware

Jika blog atau website kalian sudah terdaftar dan terverifikasi di Webmaster, aplikasi ini dapat memperlihatkan segala aktivitas yang dianggap mencurigakan dan membahayakan semacam Virus. Kalian akan di beri tahu melalui email jika blog atau website kalian terserang oleh Virus Malware. Dan bukan hanya itu saja yaa sobat, aplikasi ini juga akan menawarkan solusi terbaik yang mungkin bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.

5. Google Webmaster Memungkinkan untuk Melakukan Konfigurasi

Disini kalian dimungkinkan untuk mengatur wilayah yang ingin ditargetkan, atau mudahnya kita katakan negara mana yang akan kita bidik sesuai dengan isi konten yang ada di blog atau website milik kita.

6. Fitur Mobile Usability

Mobile usability adalah fitur yang melaporkan status terkait kondisi halaman apabila pengunjung melihat tampilan halaman menggunakan perangkat mobile contohnya seperti smartphone. Apabila terdapat problem (issue), Anda dapat mengklik dan melihat secara lebih detail seperti list halamannya, bagaimana cara memperbaikinya dan menghubungi Google tentang perbaikan yang sudah dilakukan.

7. Google Webmaster Bisa Menghapus URLs dari Mesin Pencarian

Perlukan menghapus URLs dari mesin pencarian? Tentu saja perlu. Mengapa? Karena tidak semua informasi yang telah Anda masukkan pada website dapat bertahan tanpa berubah sama sekali. Apabila perubahan yang perlu dilakukan begitu banyak, dari pada editing lebih baik menghapus halaman lama dan memposting konten yang baru.

Tinggalkan Balasan